Dispar Kaltim Dorong Inovasi Desain Kemasan untuk Tingkatkan Daya Saing Produk Lokal

img 20251029 wa0025
Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata dan Ekraf, Dahlia (yud/kaltimvoice.id)

KALTIMVOICE.ID, SAMARINDA – Dinas Pariwisata Kalimantan Timur (Dispar Kaltim) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) dengan tema “Desain Inovasi Kemasan Produk”, diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari pelaku ekonomi kreatif subsektor kuliner, kriya, dan wastra. Kegiatan ini berlangsung di Temindung Creative Hub, Jalan Pipit, Bandara, Samarinda. Rabu (29/10/2025)

Bimtek menghadirkan tiga narasumber, yakni Ramadhan Pernyata, akademisi dari Politeknik Negeri Samarinda (Polnes); Mahli Ahyat, praktisi desain kemasan; serta Anggara Pratama, content creator.

Kepala Dinas Pariwisata Kaltim, Ririn Sari Dewi, melalui Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata dan Ekraf, Dahlia menyampaikan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan pelaku ekonomi kreatif agar merancang dan mengembangkan kemasan produk yang menarik, fungsional, serta mencerminkan karakter produk.

“Kemasan bukan hanya wadah pelindung, tetapi juga bagian penting dari strategi pemasaran dan identitas merek. Desain yang kreatif dan inovatif dapat meningkatkan nilai jual serta memperluas jangkauan pasar,” ujarnya.

Selain itu, peserta dibekali pengetahuan praktis mengenai tren, bahan, dan teknologi terkini dalam desain kemasan, termasuk penggunaan aplikasi Canva sebagai media desain grafis konten kreatif.
Melalui kegiatan ini, diharapkan peserta mampu menciptakan kemasan yang tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga ramah lingkungan dan berkarakter lokal.

Bimtek ini juga menjadi wadah kolaborasi antara pelaku ekonomi kreatif, akademisi, praktisi, dan content creator memperkuat branding serta citra produk daerah. “Desain kemasan yang baik mencerminkan nilai dan budaya lokal, sekaligus menjadi identitas produk yang membedakannya di pasar,” tambahnya.

Dengan adanya kegiatan ini, Dispar Kaltim berharap pelaku ekonomi kreatif dapat terus berinovasi, memperkuat merek lokal, dan meningkatkan daya saing produk di pasar nasional maupun internasional. (yud)

Share:

Facebook
Telegram
WhatsApp
X

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *